Home > Interaksi Manusia dan Komputer > Review Web Usability : id.strawberrynet.com (Part 1)

Review Web Usability : id.strawberrynet.com (Part 1)

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengemukakan beberapa pendapat saya mengenai usability suatu website dan tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer and Interaction). Kebetulan, pada semester ini website yang bakalan di review adalah website-website e-commerce. Dari tiga website yang saya usulkan, terpilihlah website id.strawberrynet.com sebagai website yang beruntung saya kaji. Congrats…..!!!!

id.strawberrynet.com merupakan situs e-commerce yang menjual berbagai produk perawatan, baik untuk pria maupun wanita. Website ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat indonesia saja, namun scope usahanya ditujukan ke seluruh dunia. Dari jenis produk yang dijual, sebagian besar website ini menyediakan berbagai produk perawatan yang berasal dari belahan dunia. Merknya pun masih asing di mata saya, hanya beberapa merk ternama saja yang saya tahu (bukan cowok metrosexual si….).

Sebelum lebih jauh membahas masalah usability suatu website, alangkah baiknya bila kita kenalan dulu dengan yang namanya usability. Apa si usability itu? Dari tadi ngomongin itu aja. Jadi menurut mbah Jacob Nielsen, usability itu adalah atribut kualitas yang menilai seberapa mudah user interface (antarmuka) digunakan. Kata “usability” juga mengacu pada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses desain.

Usability didefinisikan ke dalam lima komponen, yaitu:

  1. Learnability : Seberapa mudah pengguna menyelesaikan task-task dasar ketika pertama kalinya mereka berhadapan dengan desain (antarmuka).
  2. Efisiensi : Sekali pengguna telah belajar desain (antarmuka), seberapa cepat mereka dapat melakukan tugas-tugas.
  3. Memorability : Ketika pengguna kembali ke desain setelah suatu periode tidak menggunakannya, seberapa mudah mereka dapat membangun kembali kemampuan.
  4. Errors : Berapa banyak kesalahan yang dibuat pengguna, seberapa parah kesalahan ini, dan bagaimana mereka dapat mudah pulih dari kesalahan itu.
  5. Satisfaction : seberapa menyenangkan antarmuka itu digunakan.

Untuk mengevaluasi usability, digunakan evaluasi heuristik yang dibuat oleh Jacob Nielsen. Ada 10 kriteria penilaian yang umum digunakan, yaitu :

  1. Visibility of system status : Sistem harus selalu memberikan informasi ke pengguna tentang apa yang sedang terjadi.
  2. Match between system and the real world : Sistem ini harus berbicara bahasa pengguna, dengan kata-kata, frase dan konsep akrab bagi pengguna, bukan istilah berorientasi sistem. Ikuti konvensi dunia nyata, membuat informasi muncul dalam urutan yang alami dan logis.
  3. User control and freedom : terdapat pilihan yang jelas ketika mengguna mengerjakan task yang tidak sesuai atau salah . Dukungan undo dan redo.
  4. Consistency and standards : Pengguna tidak perlu bertanya-tanya apakah kata-kata yang berbeda, situasi, atau tindakan berarti hal yang sama. Ikuti konvensi platform.
  5. Error prevention : ada pesan error untuk mencegah terjadinya kesalahan.
  6. Recognition rather than recall : Minimalkan memori beban pengguna dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan terlihat.
  7. Flexibility and efficiency of use : permudah user, baik user yang sudah berpengalaman maupun belum berpengalaman,
  8. Aesthetic and minimalist design : Dialog tidak boleh berisi informasi yang tidak relevan atau jarang dibutuhkan. Setiap unit tambahan informasi dalam dialog bersaing dengan unit terkait informasi dan mengurangi visibilitas relatif mereka.
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors : Pesan kesalahan harus dinyatakan dalam bahasa sederhana (tanpa kode), justru menunjukkan masalah, dan konstruktif menyarankan solusi.
  10. Help and documentation : Meskipun lebih baik jika sistem tersebut dapat digunakan tanpa dokumentasi, mungkin perlu untuk memberikan bantuan dan dokumentasi. Setiap informasi tersebut harus mudah dicari, fokus pada tugas pengguna, daftar langkah-langkah konkret untuk dilakukan, dan tidak terlalu besar.

Penjelasan lebih lanjut dari masing-masing kriteria, insya Allah akan saya sampaikan pada kesempatan postong berikutnya. So don’t miss it.. udah dulu yaaaaa. see u next time.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: