Home > Interaksi Manusia dan Komputer > Review Web Usability : id.strawberrynet.com (part 2)

Review Web Usability : id.strawberrynet.com (part 2)

Setalah di postingan lalu membahas Usability, saatnya di postingan kali ini saya mengkaji website id.strawberrynet.com berdasarkan 10 evaluasi heuristik milik Jacob Nielsen. Pada kesempatan ini, saya akan membahas website ini dari poin pertama sampai poin kelima, yaitu Visibility of system status, Match between system and the real world, User control and freedom, Consistency and standards, dan Error prevention.

Visibility of system status

Ketika pertama kali membuka situs ini, saya tidak merasa sedang membuka situs e-commerce karena situs ini tidak menampilkan produk-produk yang dijual. Situs ini lebih menonjolkan iklan daripada produknya. Selain itu, tidak ada navigasi bar yang menunjukkan sedang dimana kita saat ini pada saat kali pertama masuk, namun setelah masuk ke kategori produknya, baru ada navigasinya. Setelah di lihat lebih lanjut, beranda malahan diletakkan di bawah dan font-nya pun kecil. Jadi susah dilihat oleh pengguna. Untuk title, website ini sudah sesuai karena bila membuka tab lebih dari 3, maka kita akan langsung tahu posisi dan keberadaan website ini.

Match between system and the real world

Dari segi bahasa, website ini sudah cukup bagus. Ketika digunakan bahasa indonesia, tidak nampak kata-kata dalam bahasa asing, namun dalam pengartiannya masih ada yang asing ditelinga saya, yaitu kata “Kereta Belanja (Shopping Cart)”. Jujur baru kali ini saya melihat peng-artian yang semacam ini. Biasanya menggunakan kata “Keranjang Belanja”.

Selain itu, yang yang menjadi poin saya adalah penulisan format rupiah pada saat menggunakan Bahasa Indonesia. Format penulisan mata uang Rupiah adalah dengan menggunakan kata “Rp” sedangkan disitu menggunakan kata “R” saja. Jadi tidak sesuai dengan kenyataannya.

User control and freedom

Poin ini intinya adalah bagaimana sistem mengcover kesalahan yang dilakukan pengguna. Situs ini sepertinya kurang memperhatikan poin ini. Ketika saya mencoba menghapus salah satu produk di daftar belanja, sistem tidak memberikan warning terlebih dahulu dan langsung menghapusnya. Hal seperti ini cukup fatal akibatnya karena pengguna harus mencari barang yang telah dihapusnya tadi, padahal mungkin pengguna tidak sengaja menghapus produk tersebut.

Consistency and standards

Yang menjadi perhatian saya di poin ini adalah penulisan kata yang tidak konsisten. Yang mengherankan, kedua kata ini letaknya bersebelahan tapi penulisannya berbeda padahal maksudnya sama. Selain itu, tombol pada website ini tidak sesuai standar. Kesannya terlihat sepeti bukan tombol. Tidak ada gradasi warna atau apapun itu yang mencirikan kalau itu tombol.

Error prevention

Pada poin ini, website id.strawberrynet.com ini memberikan pesan petunjuk supaya pengguna tidak salah ketika memasukkan status pemesanan. Jadi lebih meminimalkan kesalahan yang dilakukan oleh user.

to be continue……

Advertisements
  1. January 27, 2011 at 1:50 pm

    pertamax 😀
    iya ya, ane aja gak tau itu tombol, lagian kepanjangan kata-katanya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: