Home > Skripsi > Nefron, SMS Spam Detection

Nefron, SMS Spam Detection

Kalo di itung2 udah lama juga ya vakum nulis di blog. Ok lets start blogging… #pasangmukadulu
Okehh,.yang akan saya posting kali mengenai topik skripsi saya, yaitu tentang sms spam detection..pengertian SMS Spam itu sendiri adalah penyalahgunaan dalam pengiriman pesan melalui Short Message Service (SMS) untuk menampilkan berita iklan atau keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan pengguna ponsel, bahkan menjurus ke tindak kriminal. Contoh dari Spam SMS adalah SMS penipuan, SMS menang undian, SMS promosi, dan lain-lain. Topik ini merupakan lanjutan dari tesis yang dilakukan salah satu mahasiswi ilmu komputer IPB. yah meskipun belum selesai ini skripsi (lulus) tapi gapapa lah ya di publish dulu. *seminar tugas akhir aja belum huhuhuhu

MAMA MINTA PULSA
minta transfer

Jadi awal mula topik ini muncul karena di tahun 2010 banyak sekali beredar modus penipuan melalui sms. Bahkan sebelum tahun 2010 sudah mulai beredar. Mulai dari mama minta pulsa, papa minta pulsa, nenek minta pulsa, buyut minta pulsa, bahkan almarhum minta pulsa *udah ngaco aja…hehe :p, dan masih banyak lagi. Mungkin pembaca pernah mengalami sendiri, mendapatkan sms seperti gambar diatas. Kasus ini hangat dan bahkan jadi hot di berbagai media karena telah memakan banyak korban yang nilai mencapai ratusan bahkan lebih. Memang pada waktu itu, biaya SMS bisa dibilang sangat murah, bahkan operator memberikan bonus SMS yang mencapai pulusan ribu SMS. Yang gak abis pikir, kasus ini sampai di bikin pelem dengan judul MAMA MINTA PULSA..loh kok jadi bahas itu..

Benar saja, kasus ini jadi pembicaraan banyak kalangan, sampai-sampai MENKOMINFO pun sampai turun tangan menangani kasus ini. Akibatnya berdampak kemana-mana namun belum menyelesaikan masalah ini sepenuhnya. Pada 1 juni 2012, MENKOMINFO memberlakukan kebijakan SMS interkoneksi berbasis biaya. Tujuannya jelas, untuk menekan jumlah SMS yang berasal dari gencarnya promosi SMS gratis lintas operator. Namun sampai sekarang masih banyak SMS demikian dengan modus yang berbeda, meskipun jumlahnya tidak sebanyak dulu. Ini karena para penjahat di bidang itu masih bebas dan belum ada upaya maksimal untuk menangkap para penjahat itu karena memang susah untuk di lacak. *sebenernya masih banyak lagi permasalahannya cuman sampai sini dulu….kalo belum puas sama kasus sms penipuan googling aja yah.. hehe

Eng ing engg, akhirnya dibuatlah Nefron, SMS Spam Detection #udah kayak pahlawan pembela kebetulan aja :D. Nefron adalah aplikasi SMS Spam detection yang dapat mengenali dan mendeteksi sms penipuan atau sms spam yang beredar di Indonesia berdasarkan kontennya. Setiap SMS dari nomor yang tidak ada di phonebook Anda atau bisa di bilang nomor asing, akan di filter terlebih dahulu sebelum masuk ke inbox. Dengan aplikasi ini anda tidak perlu repot untuk membaca dan menghapus SMS penipuan atau spam secara manual dan bahkan anda tidak perlu susah payah membersihkan inbox anda dari sms semacam itu. Nefron juga memberikan anda kontrol secara penuh terhadap SMS yang akan masuk ke inbox anda(blacklist dan whitelist).

Nefron dibuat untuk membantu Anda dalam mengenali sms penipuan atau spam dan yang bukan. Dengan begitu anda diharapkan dapat berhati-hati dalam menindaklanjuti sms yang anda terima. Selain powerfull dalam mendeteksi SMS penipuan atau spam, Nefron juga memiliki fitur yang lain. Berikut fitur-fitur dari Nefron, SMS Spam detection.

  1. Mereview SMS yang di blok dan dapat me-restore SMS ke inbox
  2. Menghapus SMS yang di blok
  3. Shake gesture untuk menghapus seluruh SMS yang di blok
  4. Menambah dan menghapus blacklist number
  5. Menambah dan menghapus whitelist number
  6. Mengatur notifikasi SMS yang terdeteksi (on/off)

Nefron ini baru dibuat untuk pengguna android, dan dapat mendukung android versi 2.1 ke atas. Berikut screenshootnya

SplashScreen

Review SMS yang di blok

Menu untuk menambah whitelist number

Menambahkan nomor di blacklist atau di whitelist

Tampilan hasil penambahan nomor di whitelist

Menu Options

Shake gesture untuk menghapus seluruh sms yang di blok

Get Now

Coba dan download sekarang juga ya!!!

Lihat juga review aplikasinya dari TeknoJurnal.com ya
Please Note :

  1. Jika terdapat sms penipuan yang tidak terdeteksi oleh Nefron, silahkan kirimkan SMS tersebut ke tedy.kwg@gmail.com, sehingga di update aplikasinya, berikutnya SMS semacam itu dapat terdeteksi.
  2. Jika ada saran dan kritik mengenai Aplikasi ini, dapat mengirimkan email ke tedy.kwg@gmail.com untuk perbaikan aplikasi ini selanjutnya.
Advertisements
  1. July 12, 2012 at 1:04 pm

    sudah saya download, kebetulan hp saya everyday minimal 3 sms spam masuk..huuu smg berhasil. keren ted..

  2. July 12, 2012 at 1:22 pm

    Kok blocking nya dari nomor hape gan? Bukannya lebih baik dari keyword nya? Kan biasanya penipu nya pake nomer random.

  3. July 12, 2012 at 1:25 pm

    itu otomatis gan, jadi isi nya di filter..cuman fitur blok nomer tetep gak di ilangin…

  4. July 13, 2012 at 5:54 pm

    uuooo kereeenn kk.. ^^

  5. Wii
    July 13, 2012 at 6:48 pm

    Bisa kali ya dibuat versi iOS nya 😀

  6. andiisfh
    July 15, 2012 at 9:08 am

    keren gan,, itu text filternya udah otomatis yh gan??
    knp ga user nya yg input sendiri?? hehehe

  7. evi yulia
    November 21, 2012 at 9:40 pm

    kalo boleh saya tahu ini makai program apa yaa
    tugas akhir saya hampir mirip sama ini
    bisa di share ke saya

  8. Ebranda aka Eeb
    April 6, 2013 at 12:28 pm

    bro.. gw udah baca jurnal lo tentang ini juga… gw bisa tanya2 ke elo gak?

    • April 6, 2013 at 12:32 pm

      boleh mas

      • Ebranda aka Eeb
        April 8, 2013 at 7:02 am

        bisa gw minta kontak lo gak bro? bbm ato line ato twitter gitu?

      • April 8, 2013 at 1:37 pm

        twitter gw gan : @kwagean

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: